Friday, July 30, 2010

Gaji Anggota DPR dan Aksi Corat-Coret Pong Harjatmo di Gedung Kura-Kura

Gaji Anggota DPR dan Aksi Corat-Coret Pong Harjatmo di Gedung Kura-Kura | Aksi aktor kawakan Pong Harjatmo yang mencorat-coreti atap gedung DPR Jumat siang (30/7) sungguh pantas jadi bahan renungan bagi para wakil rakyat.

Aksi nekat Pong dipicu kecewaannya dengan kinerja anggota DPR. "Pemerintah dan anggota DPR tidak pernah tuntas melaksanakan tugasnya. Kasus Bank Century pun tidak selesai. Sekarang masih ditambah lagi dengan anggota yang bolos," kata Pong seperti dikutip Vivanews.

Siang tadi, Pong Harjatmo melakukan aksi corat-coret gedung DPR. Ia memanjat Gedung Kura-kura Nusantara II dan menuliskan kata-kata 'Jujur, Adil, Tegas' di atapnya yang berwarna hijau. Petugas yang mengetahui pun langsung meringkusnya.

Kekesalan Pong dapat dimaklumi. Selama ini, kinerja dewan memang sangat memprihatinkan dan ulahnya kadang memalukan. Wajar kalau almarhum Gus Dur pernah menyebut kalau anggota DPR itu seperti anak taman kanak-kanak (TK).

Gimana nggak memalukan, wong saat sidang kadang ada yang seperti ini:

Image and video hosting by TinyPic

Padahal, mereka mendapat gaji dari uang rakyat yang jumlahnya tidak kecil. Berdasar rilis Advokasi dan Investigasi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) seperti dikutip Harian Global, gaji bersih setiap anggota DPR sebesar mencapai Rp 913 juta per tahun.

Untuk posisi wakil ketua badan, gajinya sebesar Rp 929 juta per tahun. Sedangkan ketua badan mengantongi Rp 937 juta per tahun. Fitra memperkirakan Rp 511 miliar uang rakyat habis untuk gaji 560 anggota DPR.

Gaji anggota DPR ini dinilai terlalu besar dibandingkan kerja mereka di parlemen. Karena itu, Fitra mendesak Sekjen DPR dengan Badan Kehormatan DPR memotong tunjangan anggota DPR setiap bulannya.
____________________

No comments:

Post a Comment