Thursday, December 23, 2010

Oliver Rifai, Pemain AZ Alkmaar Belanda yang Ingin Bela Indonesia

Oliver Rifai, Pemain AZ Alkmaar Belanda yang Ingin Bela Indonesia - Jika pemain satu ini menyusul langkah Cristian Gonzales dan Irfan Bachdim, kekuatan timnas Indonesia bakal semakin menakutkan.

Dia adalah Oliver Rifai. Klub yang dibela remaja 17 tahun itu pun bukan klub sembarangan, yakni AZ Alkmaar, yang kini masuk Eredivisie, kasta tertinggi sepakbola Belanda.

Bahkan, Rifai sudah dipanggil timnas Belanda U-17. Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu berperan besar membawa Belanda juara turnamen di Meksiko.

Rifai berayahkan orang Indonesia dan ibunya orang Belanda. Di situs jejaring sosial,
Rifai menyatakan siap membela Indonesia, apabila PSSI menginginkannya. Untuk itu, Rifai berharap PSSI menulis surat resmi kepada dirinya dan mengurus semua hal-hal terkait dengan administrasi naturalisasi.

Meski pernah memperkuat timnas Belanda U-16 dan U-17, Rifai masih bisa memperkuat Indonesia. Sebab, regulasi FIFA terkait pemain naturalisasi, menyatakan bahwa selama seorang pemain belum pernah memperkuat timnas senior, masih bisa membela negara lain.

Penyerang AC Milan, Kevin-Prince Boateng, contohnya. Ibunya orang Jerman dan ayah dari Ghana. Dia lahir di Jerman. Boateng pernah memperkuat timnas Jerman U-15 sampai U-21. Namun, akhirnya ia memilih membela timnas senior Ghana dan tampil di Piala Dunia 2010.

Untuk kasus seperti itu, PSSI pernah kecolongan Radja Nainggolan. Pemain berdarah Indonesia yang kini membela tim Serie A Italia Cagliari tersebut tak bisa membela Indonesia karena lebih dulu dipanggil timnas Belgia.

____________________

No comments:

Post a Comment