Wednesday, February 9, 2011

Profil Alanda Kariza | Sipakah Dia?

Profil Alanda Kariza | Sipakah Dia? - Alanda Kariza terus menjadi buah bibir. Lewat blog probadinya: alandakariza.com, dia curhat soal kasus hukum yang membelit ibunya, mantan Kepala Divisi Corporate Legal Bank Century yang dituntut 10 tahun dan denda Rp 10 miliar

Siapakah Alanda?

Alanda Kariza lahir di Jakarta, 23 Februari 1991. Cita-citanya sebagai penulis membawanya untuk menerbitkan novel debutnya, Mint Chocolate Chips, ketika dia berusia 14 tahun.

Satu tahun kemudian, ia mendirikan sebuah organisasi nirlaba yang dipimpin pemuda, The Cure Untuk Besok, yang bertujuan untuk memberdayakan kaum muda tentang isu-isu pendidikan dan lingkungan. Pada tahun yang sama, Alanda menjadi finalis termuda CosmoGIRL! Tahun 2006.

Dalam rangka konservasi gairah di jurnalisme dan sastra,
dia menulis sebagai seorang freelancer untuk majalah remaja, termasuk Hai, Gogirl!, Kawanku, dan Provoke! Magazine. Minatnya dalam pembuatan film membawanya dalam mengambil bagian dalam pemasaran dan promosi film Lebah Ratu, diproduksi oleh Jutaan Pictures.

Alanda ditunjuk untuk mewakili Indonesia di Changemakers Global, jaringan di seluruh dunia aktivis muda yang berbasis di Bern, Swiss. Keterlibatannya dalam jaringan ini membawanya ke event internasional, termasuk G-20 London Summit 2009 di mana dia diberi kesempatan untuk menyuarakan solusi orang muda untuk krisis keuangan global.

Sebagai Changemaker Global, ia juga diharuskan untuk membentuk sebuah proyek aksi masyarakat. Alanda memilih untuk menyelenggarakan Konferensi Pemuda Indonesia pertama, yang ia dan timnya telah berhasil diselenggarakan pada bulan Juli 2010 - ratusan membawa orang muda dari seluruh bangsa untuk bertukar pikiran.

Sebelumnya pada tahun 2010, Alanda menerima Ashoka Young Changemakers Awards 2010: Inovasi di Air Bersih & Sanitasi dalam kategori Advanced dan menjadi muda diantara 40 orang yang ditampilkan dalam HUT ke-40 Isu Media Indonesia. Dia terpilih sebagai salah satu siswa yang mewakili Indonesia dalam Studi Institut AS untuk Mahasiswa Pemimpin Isu Lingkungan Global - The University of Montana.

Dia baru-baru ini menerbitkan dua buku, Vice Versa (Terrant Books, Mei 2010) dan Pertama Kalinya! (Oktober Gramedia Pustaka Utama, 2010)

Alanda saat ini seorang mahasiswa di Binus International University, jurusan Bisnis Internasional. Dia suka menonton film, berenang, dan tentu saja menulis. (sumber: tribunnews.com)

____________________

No comments:

Post a Comment