Thursday, March 10, 2011

Usia 18 Tahun, Tinggi Cuma 56 Sentimeter | Junrey Balawing Orang Terpendek di Dunia

Usia 18 Tahun, Tinggi Cuma 56 Sentimeter | Junrey Balawing Orang Terpendek di Dunia - Usianya sudah menginjak 18 tahun pada Juni mendatang. Namun, remaja asal Filipina bernama Junrey Balawing ini tingginya hanya 56 sentimeter. Ia pun tampaknya bakal memecahkan rekor Khagendra Thapa Magar (tinggi 67 cm) sebagai orang terpendek di dunia.


"Jika saya dinobatkan menjadi pria terpendek di dunia, itu bakal sangat menyenangkan," ujar Junrey, remaja asal Zamboanga del Norte Filipina itu seperti dikutip tempointeraktif.com.

Namun kondisi tubuhnya tersebut cukup mengganggu aktivitasnya. Junrey tidak bisa berdiri lama dan sangat tergantung dengan ibunya, Concepcion, 35 tahun. "Junrey hnya bisa berjalan dengan bantuan dan ia tidak bisa berdiri terlalu lama karena kesakitan," ujar Concepcion.

Adik-adik Junrey, Jaycel dan Jay-art, tumbuh seperti anak biasa. Kedua adik Junrey sekolah, sementara Junrey sendiri terpaksa tinggal di rumah.


Concepcion mengatakan, "Saya pengin sekali bisa bekerja sementara anak-anak saya sekolah. Tetapi saya tidak bisa meninggalkan Junrey. Ia butuh perawatan saya setiap menit, setiap hari."

Concepcion pertama kali menyadari ada kelainan dalam pertumbuhan Junrey ketika Junrey berusia dua tahun. Tetapi, dokter-dokter tidak bisa membantunya.

"Junrey selalu sakit dan kami menyadari ia tidak tumbuh. Jadi, kami membawanya ke dokter. Namun mereka angkat tangan," tambah Concepcion.

Dokter hanya menganjurkan agar Junrey mengkonsumsi lebih banyak vitamin. Namun, karena kondisi ekonomi keluarga yang kurang mampu, mereka tidak bisa memenuhi saran dokter.

Junrey tinggal di kampung yang berjarak satu jam dari kota terdekat. Mereka tinggal 920 kilometer dari ibu kota Filipina, Manila. Ayah Junrey, Reynaldo, bekerja sebagai pandai besi dan hanya berada di rumah pada akhir pekan.

____________________

No comments:

Post a Comment