Monday, May 30, 2011

Yingluck Shinawatra, Wanita Cantik Calon Perdana Menteri Thailand

Bulan depan Thailand menghelat pemilu. Yang menarik dari pemilu kali ini adalah sosok Yingluck Shinawatra, yang tak lain adik kandung mantan Perdana Menteri (PM) Thaksin Shinawatra. Jika partainya menang, dia akan menjadi PM perempuan pertama di negeri Gajah Putih itu. Sabtu lalu adalah kampanye pertamanya di Bangkok.


Pertengahan Mei lalu Yingluck dinyatakan sebagai kandidat nomor satu PTP. Ketua PTP Yongyuth Wichaidit berada di nomor urut dua. Dengan demikian, perempuan 43 tahun tersebut bakal bertarung untuk memperebutkan kursi perdana menteri Thailand. Ibu satu anak itu akan beradu popularitas dengan Abhisit Vejjajiva, ketua Partai Demokrat yang juga perdana menteri Thailand saat ini.

Pencalonan Yingluck mendapat perhatian bukan hanya karena dirinya tercatat sebagai calon perdana menteri perempuan pertama Thailand. Dia juga merupakan adik kandung Thaksin Shinawatra. Thaksin adalah mantan perdana menteri Thailand yang digulingkan melalui kudeta militer pada 2006. Saat ini Thaksin mengasingkan diri dari Thailand demi menghindari kasus hukum yang siap menjeratnya.

Kanawat Wasinsangworn, wakil ketua PTP, mengatakan, sejak dinyatakan sebagai kandidat nomor satu, popularitas Yingluck semakin meningkat. Itu tanda bahwa masyarakat Thailand siap menerima alumnus Kentucky State University, AS, itu sebagai perdana menteri. "Keputusan partai kami untuk menempatkannya sebagai kandidat nomor satu tidak salah kan" Berdasar beberapa polling, popularitasnya terus meningkat," katanya.

Dalam kampanye pertamanya di Bangkok tersebut, Yingluck menegaskan bahwa dirinya akan lebih mengutamakan kepentingan masyarakat Thailand. Dia berusaha menepis dugaan, langkahnya maju sebagai kandidat PM hanyalah jalan untuk menyingkirkan semua masalah hukum yang membelit sang kakak. "Jangan khawatirkan dia (Thaksin). Negara yang akan saya dahulukan," katanya lantas disambut tepuk tangan.

Yingluck memulai kampanye pada Rabu (25/5). Namun, dia melangsungkan kampanye pertama di kawasan utara, yakni Chiang Mai dan Chiang Rai. Sebab, di kawasan itulah basis terbesar pendukung Thaksin berada. PTP merupakan transformasi dari Thai Rak Thai, partai yang didirikan Thaksin sebagai kendaraan untuk menjadi perdana menteri.

Namun, setelah terjadi kudeta, partai tersebut berubah bentuk menjadi People?s Power Party (PPP). Tiga tahun lalu PPP dibubarkan karena dugaan terlibat dalam money politics. Mereka lantas berubah bentuk lagi menjadi Phue Thai Party (PTP). Mereka juga bertindak sebagai oposisi untuk pemerintahan koalisi yang melibatkan Partai Demokrat dan beberapa partai kecil lain, termasuk partai baru yang dibentuk beberapa mantan politikus PPP.

Berdasar polling terbaru yang dilansir salah satu media lokal kemarin (29/5) PTP memang terlihat mendominasi kawasan utara. Dalam jajak pendapat yang berlangsung 23?28 Mei lalu, 73,17 persen suara memutuskan memilih PTP. Namun, di kawasan Bangkok, posisi suara PTP dan Partai Demokrat masih berimbang, yakni 38,88 persen untuk Demokrat dan 35,46 persen untuk PTP. (sumber: jpnn.com)

____________________

No comments:

Post a Comment