Thursday, May 20, 2010

Gesang Meninggal Dunia | Profil Biografi Musisi Keroncong Gesang

Gesang Meninggal Dunia | Profil Biografi Musisi Keroncong Gesang - Indonesia kehilangan salah satu putra terbaiknya. Musisi keroncong Gesang meninggal dunia petang tadi. Pencipta lagu Bengawan Solo itu wafat di ruang rawat ICU RS PKU Muhammadiyah Solo.

Image and video hosting by TinyPic

Berikut sekilas profil dan biografi Gesang.

Nama lengkap Gesang adalah Gesang Martohartono. Ia lahir di Surakarta 1 Oktober 1917. Gesang dikenal sebagai maestro keroncong Indonesia. Lagu ciptaannya yang paling terkenal adalah Bengawan Solo.

Lewat lagu Bengawan Solo pula namanya dikenal hingga Jepang. Lagu Bengawan Solo telah diterjemahkan ke 13 bahasa dan sempat dijadikan soundtrack sebuah film di Negeri Sakura.

Sebelum dikenal sebagai pencipta lagu handal, Gesang merintis karirnya sebagai penyanyi lagu-lagu keroncong untuk acara dan pesta kecil-kecilan di kota Solo.

Sebagai bentuk penghargaan atas jasanya terhadap perkembangan musik keroncong, pada tahun 1983 Jepang mendirikan Taman Gesang di dekat Bengawan Solo. Pengelolaan taman ini didanai oleh Dana Gesang, sebuah lembaga yang didirikan untuk Gesang di Jepang.

Gesang kini memang sudah tidak gesang (Jawa: hidup), tapi sosoknya akan selalu dikenang. Selamat jalan Mbah Gesang…

No comments:

Post a Comment