Tuesday, March 1, 2011

Agera R, Monster yang Bisa Melaju hingga 402 KM perjam

Agera R, Monster yang Bisa Melaju hingga 402 KM perjam - Mobil satu ini benar-benar dahsyat. Bagaimana tidak, mobil ini mampu melaju bak peluru yang memiliki kekuatan besar. Menggunakan mesin 5.000 cc, mobil ini memuntahkan tenaga hingga 1.100 bhp.


Itulah Agera R produksi Koenigsegg. Mobil itu kini dipamerkan di pameran mobil Geneva Motor Show yang akan dibuka pekan ini.

Mobil ini bagai sebuah monster yang menakutkan. Mesin V8 dengan twin-turbo berkapasitas 5.000 cc yang tersembunyi tubuhnya mampu membuat mobil ini menyemburkan tenaga hingga 1.100 bhp dengan torsi puncak yang mencapai 885 lb-ft.

Tenaga itu bisa dicapai bila Koenigsegg Agera R menggunakan bensin biofuel E85. Karena bila menggunakan bensin biasa, tenaga Koenigsegg Agera R akan turun hingga ke angka 972 bhp dan torsi 811 lb-ft.

Tetap saja, itu menjadi tenaga yang menakutkan. Mesin yang dikawinkan dengan gearbox dual-clutch tujuh percepatan ini juga mampu melesatkan Koenigsegg Agera R ke kecepatan 100 km perjam hanya dalam waktu sekitar 3 detik saja dan melesat cepat hingga kecepatan puncak 402 km perjam.

Mobil yang memiliki arti 'bertindak' ini memiliki tubuh dari bahan serat karbon yang membuat bobotnya jadi ringan dengan atap yang dapat di lipat.

Desain tubuh Koenigsegg Agera R pun dibuat sedemikian rupa hingga aerodinamika mobil ini menjadi semakin tinggi. Kaki Koenigsegg Agera R yang disokong pelek Vortex Generating Rim (VGR) dengan ban performa tinggi pun lantas membuat tampang Koenigsegg Agera R jadi semakin sporty.

Ban yang melingkari kaki Koenigsegg Agera R ini mampu menahan gesekan hingga kecepatan 418 km perjam dan menurut Koenigsegg merupakan ban yang memiliki spesifikasi tertinggi saat ini. (sumber: oto.detik.com)
____________________

No comments:

Post a Comment