Friday, March 11, 2011

Hindari Tsunami Jepang, Penduduk Pulau Morotai Eksodus ke Gunung

Hindari Tsunami Jepang, Penduduk Pulau Morotai Eksodus ke Gunung – Gempa di Jepang yang disusul tsunami membuat warga Desa Bere-bere, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku, berhadapan langsung dengan laut lepas Jepang waswas. Untuk menghindari tsunami, warga pun menyelamatkan diri ke arah pegunungan.

Pemprov Maluku Utara telah memperingatkan warga di pesisir pantai di Desa Bere-bere untuk meninggalkan desa. Menurut Sekda Pemprov Maluku Utara, Muhadjir Albaar, Bere-bere akan menjadi sasaran tsunami Jepang.

"Bere-bere akan menjadi sasaran tsunami karena berada di perbatasan yang berhadapan langsung dengan laut bebas," kata Muhadjir, Jumat (11/3/2011), seperti dikutip detiknews.com.

Menurut dia, warga Bere-bere telah naik ke pegunungan untuk menyelamatkan diri. Tidak hanya di Morotai, waspada tsunami juga dilakukan di Kota Ternate dan Kabupaten Halmahera Utara.

"Warga di pesisir pantai mengungsi ke dataran tinggi. Bahkan yang tinggal di dataran tinggi pun mengungsi karena merasa tidak aman," jelasnya.

Selain itu, Pemprov Maluku Utara juga menyebarluaskan informasi tsunami ini lewat siaran RRI Maluku Utara. Berdasarkan data BMKG Ternate, tsunami diperkirakan tiba pukul 20.35 WIT.

Namun tsunami tidak sedahsyat di Jepang. Diduga tsunami di Indonesia timur tak lebih dari 1 meter jadi tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

____________________

No comments:

Post a Comment