Wednesday, March 2, 2011

Inilah Hasil Pertemuan PSSI dengan FIFA terkait Kemelut Persepakbolaan Indonesia

Inilah Hasil Pertemuan PSSI dengan FIFA terkait Kemelut Persepakbolaan Indonesia - Masyarakat pecinta sepak bola nasional boleh berlega hati. Anggota Komite Etik Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) yang juga Deputi Sekjen Bidang Luar Negeri PSSI, Suryadharma “Dali” Tahir, mengutarakan hasil pertemuannya dengan Sekjen FIFA, Jerome Valcke, bahwa kemungkinan besar PSSI dan juga Indonesia takkan terkena sanksi FIFA.

"Dalam pertemuan saya dengan Sekjen FIFA, Jerome Valcke, Senin sore lalu, masalah sanksi itu memang tidak disebut-sebut olehnya. Hal itu sekaligus membuktikan bahwa FIFA masih memberikan dukungannya kepada kita, sehingga masalah sanksi untuk kita tidak dibahas pada sidang Komite Asosiasi tersebut," kata Dali, Rabu pagi, 2 Maret 2011, seperti dikutip dari situs PSSI.

Meski begitu, PSSI masih menunggu keputusan resmi dari FIFA seusai Sidang Komite Asosiasi (Associations Committee). "Kami masih menunggu keputusan resmi dari FIFA," kata Sekjen PSSI, Nugraha Besoes.

Nugraha mengatakan komite-komite tetap FIFA menggelar pertemuan pada pekan ini bertepatan dengan Rapat Komite Eksekutif (Exco) FIFA pada 2-3 Maret di Zurich, Swiss. Rapat Exco FIFA dipimpin langsung Presiden Joseph 'Sepp' Blatter.

"Bisa saja rekomendasi atau hasil dari sidang-sidang komite tetap itu dibawa lebih dulu ke rapat Exco untuk kemudian diputuskan," kata Nugraha. "Kongres biasanya dilaksanakan maksimal enam bulan setelah adanya permintaan dari asosiasi masing-masing, atau bahkan bisa dua bulan," Nugraha menjelaskan.

Sidang Komite Asosiasi FIFA digelar sejak Selasa kemarin, 1 Maret 2011, mulai pukul 16.00 waktu Zurich atau pukul 23.00 WIB. Sidang itu membahas berbagai kasus atau permasalahan yang tengah dihadapi asosiasi sepakbola yang menjadi anggota FIFA. Salah satunya, adalah permasalahan yang menyangkut Indonesia dan Brunei Darussalam yang sudah terkena sanksi dari FIFA.

Persoalan PSSI masuk agenda FIFA setelahpada 22 Februari 2011 Sekjen PSSI Nugraha Besoes mengirimkan surat 'mengadukan' pernyataan keras Menteri Negara Pemuda dan Olah Raga Andi Alfian Mallarangeng terhaap pengurus PSSI sehari sebelumnya. Oleh pengurus PSSI, pernyataan itu ditafsirkan sebagai bentuk intervensi pemerintah terhadap PSSI.

FIFA lalu merespons melalui surat elektronik yang dikirimkan Sekjen FIFA Jerome Valcke pada 24 Februari 2011. Intinya, FIFA meminta PSSI terus memberi laporan tentang segala perkembangan yang terjadi.

PSSI juga telah melayangkan surat kepada Sekjen FIFA Jerome Valcke pada Senin malam, 28 Februari 2011. Isinya mengabarkan pengunduran waktu Kongres PSSI dari jadwal semula pada 26 Maret 2011 di Bali. Dalam surat itu, pengurus PSSI juga meminta FIFA untuki tidak menjatuhkan sanksi kepada Indonesia. (sumber: vivanews.com)

____________________

No comments:

Post a Comment